Cara Memasukkan Posting Artikel ke dalam Menu Blog

Cara Memasukkan Posting Artikel ke dalam Menu Blog - Cara memasukkan postingan artikel baru ke dalam menu blog atau cara agar/supaya/membuat posting artikel baru bisa masuk ke dalam/di menu blog.
Menu Blogaul
Beberapa waktu yang lalu, ada seorang blogger yang bertanya lewat pesan di fb-ku tentang bagaimana cara memasukkan posting artikel ke dalam menu blog. Sebenarnya hal ini sangatlah mudah, oleh karena itu jarang blogger yang membahasnya, tapi walaupun begitu demi sebuah persahabatan saya akan mengulasnya di sini, toh saya juga tidak akan rugi, hehehe.. Karena ada kata bijak yang mengatakan, kalau kita mau mengamalkan ilmu kita maka itu akan menjadikan ilmu kita semakin bertambah, bukan berkurang. Weh weh weh, malah ceramah, sorry deh... wkwkwk.. Oke langsung saja saya mulai tutorial kali ini tentang bagaimana memasukkan posting artikel ke menu blog kita. Selamat membaca...
Sebelum kita mengetahui bagaimana caranya memasukkan posting artikel ke menu blog, maka alangkah baiknya kita buat dulu menu di blog kita. Kebanyakan blog menggunakan menu horisontal, maka kali ini saya juga akan menjelaskan bagaimana caranya membuat menu navigasi horisontal dengan mudah.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Apa itu Navigasi? Navigasi adalah menu untuk penentu arah atau penunjuk posisi. Setiap blog atau situs menurut saya harus bahkan wajib memiliki menu navigasi sebagai penuntun untuk pengunjung blog kita.
Lalu bagaimana membuat menu tersebut? Berikut tutorial mudahnya


Cara Membuat Navigasi Horizontal Drop Down :
1. Masuk blogger >> Klik Template >> Edit HTML.
2. Cari kode ]]></b:skin> kemudian pastekan kode di bawah ini tepat di atas kode ]]></b:skin>

#NavbarMenu{background:#000000; width:960px; height:32px; color:#5A6C8C; margin:0 auto; padding:0 5px; font:bold 8px Arial, Tahoma, Verdana; border-top:1px solid #666; border-bottom:1px solid #666;}
#NavbarMenuleft{width:700px; float:left; margin:0; padding:0;}
#search{width:240px; font-size:11px; float:right; margin:0; padding:0;}
#nav{margin:0; padding:0;}
#nav ul{float:left; list-style:none; margin:0; padding:0;}
#nav li{list-style:none; margin:0; padding:0; text-shadow:1px 1px 1px #000;}
#nav li a, #nav li a:link, #nav li a:visited{color:#fff; display:block; text-transform:uppercase; margin:0; padding:9px 15px 9px; font:bold 11px Arial, Times New Roman;}
#nav li a:hover, #nav li a:active{background:#4a4d4c; color:#fff; padding:9px 15px 9px; text-decoration:none;}
#nav li li a, #nav li li a:link, #nav li li a:visited{background:#000000; width:150px; color:#e5e3e3; text-transform:capitalize; float:none; margin:0; padding:3px 10px; border-bottom:1px solid #151f23; border-left:px solid #151f23; border-right:2px solid #151f23; font:normal 14px Georgia, Times New Roman;}
#nav li li a:hover, #nav li li a:active{background:#4a4d4c; color:#fff; padding:3px 10px;}
#nav li{float:left; padding:0;}
#nav li ul{z-index:9999; position:absolute; left:-999em; height:auto; width:170px; margin:0; padding:0;}
#nav li ul a{width:140px;}
#nav li ul ul{margin:-24px 0 0 170px;}
#nav li:hover ul ul, #nav li:hover ul ul ul, #nav li.sfhover ul ul, #nav li.sfhover ul ul ul{left:-999em;}
#nav li:hover ul, #nav li li:hover ul, #nav li li li:hover ul, #nav li.sfhover ul, #nav li li.sfhover ul, #nav li li li.sfhover ul{left:auto;}
#nav li:hover, #nav li.sfhover{position:static;}
#searchbox{padding:0; margin:0;}
#search input{background:#fff; color:#000; float:left ;margin:5px 0 0 10px; width:168px; padding:3px 7px; border:1px solid #cdcdcd; font:normal 11px arial, verdana, Times New Roman;}
#search .btn{background:#333; color:#fff; font-size:11px; margin:5px 0 0 3px; padding:2px; width:30px; cursor:pointer; border-left:1px solid #666; border-top:1px solid #666; border-right:2px solid #111; border-bottom:2px solid #111;}
#top{background:#f6f6f6; margin:10px auto 0; padding:10px; width:918px; border:1px solid #ccc; word-wrap: break-word; overflow: hidden; font-size:13px;}
#top a, #top a:visited{font-weight: normal; color: #00338F; text-decoration: none;}
#top a:hover{color:#cc0000; text-decoration: underline;}
#top p {font-size: 14px; font-weight: bold; padding: 0; margin: 0;}
.topleft {width: 304px; float: left; margin: 0; padding:0;}
.topleft img a, .topleft img {border:1px solid #ccc; margin: 0; padding: 1px;}
.topright {width: 600px; float: right; margin:0; padding:0; text-transform: normal;}

3. Setelah Itu Cari Kode


<b:widget id='Header1' locked='true'

Contoh :
<b:section class='art-header' id='header' maxwidgets='1' showaddelement='no'>
<b:widget id='Header1' locked='true' title='RezDown7 (Header)' type='Header'/>
</b:section>

4. Copy-Paste Kode HTML yang tersedia dibawah ini tepat di bawah kode </b:section> jika ingin menempatkan Di Bawah Header. Jika ingin menempatkan di atas header paste kode di bawah ini tepat Di Atas kode
<b:section class='art-header' id='header' maxwidgets='1' showaddelement='no'>

Berikut ini kodenya:
<div id='outer'> 
<div id='navbarmenu'> 
<div id='navbarmenuleft'> 
<ul id='nav'> 
<li><a href='http://www.amronbadriza.com'>Home</a></li> 
<li><a href='#'>Artikel Seru</a> 
<ul> 
<li><a href='http://www.amronbadriza.com/2011/06/artikel-artikel-motivasi.html'>Motivasi</a></li> 
</ul></li> 
<li><a href='#'>Tutorial</a> 
<ul> 
<li><a href='http://www.amronbadriza.com/2011/07/tutorial-blog.html'>Blog</a></li>
<li><a href='http://www.amronbadriza.com/2011/08/tutorial-facebook.html'>Facebook</a></li>
<li><a href='http://www.amronbadriza.com/2011/09/tutorial-twitter.html'>Twitter</a></li>
</ul></li>
<li><a href='#'>SEO</a> 
<ul> 
<li><a href='http://www.amronbadriza.com/2011/10/pengertian-seo.html'>Pengertian SEO</a></li>
<li><a href='http://www.amronbadriza.com/2011/11/tips-tricks-seo.html'>Tips Tricks SEO</a></li>
</ul></li>
<li><a href='http://www.amronbadriza.com/2011/12/peluang-bisnis.html'>Peluang Bisnis</a></li>
<li><a href='http://www.amronbadriza.com/2012/01/privacy-policy.html'>Privacy Policy</a></li>
<li><a href='http://www.amronbadriza.com/2012/02/sitemap-blogaul.html'>Sitemap</a></li>
<li><a href='http://www.amronbadriza.com/2012/03/contact-us.html'>Contact Us</a></li>
</ul> 
</div></div></div>

Kemudian Save Template!!
Jadi dech..
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Ket : kode syntac html di atas adalah kode -kode yang saya gunakan untuk membuat salah satu menu dalam blog saya yang SATU ini.

Nah, bagaimana sobat? Sampai di sini sudah faham?

Oke lanjut...
Nah, dari kode-kode syntac menu di atas, maka terlihat kalau saya menggunakan link arahan dalam memasukkan artikel ke dalam menu blog yang akan saya perjelas lagi berikut ini:

<div id='outer'> 
<div id='navbarmenu'> 
<div id='navbarmenuleft'> 
<ul id='nav'> 
<li><a href='http://www.amronbadriza.com'>Home</a></li> 
<li><a href='#'>Artikel Seru</a> 
<ul> 
<li><a href='http://www.amronbadriza.com/2011/06/artikel-artikel-motivasi.html'>Motivasi</a></li> 
</ul></li> 
<li><a href='#'>Tutorial</a> 
<ul> 
<li><a href='http://www.amronbadriza.com/2011/07/tutorial-blog.html'>Blog</a></li>
<li><a href='http://www.amronbadriza.com/2011/08/tutorial-facebook.html'>Facebook</a></li>
<li><a href='http://www.amronbadriza.com/2011/09/tutorial-twitter.html'>Twitter</a></li>
</ul></li>
<li><a href='#'>SEO</a> 
<ul> 
<li><a href='http://www.amronbadriza.com/2011/10/pengertian-seo.html'>Pengertian SEO</a></li>
<li><a href='http://www.amronbadriza.com/2011/11/tips-tricks-seo.html'>Tips Tricks SEO</a></li>
</ul></li>
<li><a href='http://www.amronbadriza.com/2011/12/peluang-bisnis.html'>Peluang Bisnis</a></li>
<li><a href='http://www.amronbadriza.com/2012/01/privacy-policy.html'>Privacy Policy</a></li>
<li><a href='http://www.amronbadriza.com/2012/02/sitemap-blogaul.html'>Sitemap</a></li>
<li><a href='http://www.amronbadriza.com/2012/03/contact-us.html'>Contact Us</a></li>
</ul> 
</div></div></div>

Ket :
Kode yang bergaris bawah adalah link arahan.
Kode yang berwarna biru adalah menu utama.
dan kode yang berwarna ungu adalah submenu.

Nah, dari kode-kode tersebut terlihat bahwa saya mengarahkan menu utama maupun submenu ke link postingan artikel yang saya kehendaki.

Sebagai contoh:
1. Saya mengarahkan menu Home ke link http://www.amronbadriza.com/
2. Saya mengarahkan Submenu Motivasi ke link http://www.amronbadriza.com/2011/06/artikel-artikel-motivasi.html
3. Saya mengarahkan menu Peluang Bisnis ke link http://www.amronbadriza.com/2011/12/peluang-bisnis.html
dsb..

Selain ke postingan artikel, kita juga bisa mengarahkan menu atau submenu ke link-link lain, misalnya: diarahkan ke label, ke facebook, twitter atau yang lain. Saya kira cukup penjelasannya mengenai Cara Memasukkan Posting Artikel ke dalam Menu Blog, kurang lebihnya saya mohon ma'af.

Happy Blogging! ^_^



Share on:



Cara membuat wanita jatuh cinta

• Ditulis Oleh : Amron Badriza Hari: 11/26/2011 01:33:00 PM Kategori:




Comments:

Hello Friends...

• Berkomentarlah dgn bijak dan sopan | • Berilah komentar yang relevan dengan artikel
• No SARA, SPAM, JUNK atau Live Link | • Komentar akan dimoderasi sebelum ditampilkan
* Updated 23 April 2013
Comments
74 Comments

Ada 74 comments pada artikel tentang Cara Memasukkan Posting Artikel ke dalam Menu Blog

  1. ok,tq sob nice artikel,sy cb dulu

    ReplyDelete
  2. @Ali :
    Oke, sma2 sob.. Smga berhasil!

    ReplyDelete
  3. Kunjungan rutin mas...semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  4. makasih shared artikelnya sangat membantu nih

    ReplyDelete
  5. bang amron,saya kan sudah ngikutin step2 yang di atas..saya juga sudah ganti link address sesuai link artikel nya,tapi pas saya save templates,ada tulisan :

    Kami tidak dapat menyimpan template Anda.
    Harap perbaiki kesalahan di bawah, dan kirimkan template Anda lagi.
    Template Anda tidak dapat diparse karena tidak well-formed. Harap pastikan bahwa semua elemen XML ditutup dengan benar.
    Pesan error XML: The element type "ul" must be terminated by the matching end-tag "".


    itu maksud nya apa ya?

    ReplyDelete
  6. Sangat berguna. Terima kasih.

    Blog saya sudah guna halaman navbar utama yang disediakan. Bagaimana mahu memasukkan submenu sahaja di bawah menu utama itu dan cara menulis dalam submenu itu?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  7. makasih boss infonya,saya coba dulu boss

    ReplyDelete
  8. makasih banyak atas infonya gan. sudah saya terapkan di blog tapi belum saya edit semuanya.
    saya sangat puas. soalnya saya nyari2 tutorial ini dari kmrn2 n baru ini yg bisa (pas) diterapkan di blog saya.

    ReplyDelete
  9. oia gan, kalau masukin judul gadget bisa g gan? misal saya buat gadget baru (dg scrip html) dg judul "DOWNLOAD", isinya 1.download XX, 2.download BB . apa itu bisa kita buat sbg menu+sub menu?
    trus gmn cara masukin postingan Laman (bkn Entri) kedalam menu?
    Ex. http://www.blogsaya.blogspot.com/p/kepedihan-dihati.html
    soalnya masih sangat awam gan. :D
    makasih yg sedalam2nya juragan

    ReplyDelete
  10. Terima kasih bang amron .. bermanfaat sekali dan 100% berhasil
    sukses selalu bang ?? :)

    ReplyDelete
  11. Kenapa Artikel yang saya buat tidak bisa dimasukan ke menu atau sub menu tapi di beranda semua? bagaimana masukin artikel ke menu atau sub menunya ?

    ReplyDelete
  12. bos saya mau tanya ni,,,gimana caranya memasukan postingan atao artikel tapi tidak muncul di halaman depan..
    contohnya seperti blog anda
    say mengklik "SEO" di blog anda dan ada pilihan "pengertian SEO: nah pas kita klik munculnya postingan anda,,
    tapi kalo saya masukan postingan malah muncul dihalaman depan bukan seperti blog anda,,mohon bantuannya,,kirim bantuannya ke ryo_140109@yahoo.co.id y,,trims banyak

    ReplyDelete
  13. kak saya mau tanya.gimana ya caranya agar setiap postingan kita masu ke dalam menu yang kita buat.contohnya saya membuat artikel ingin dimasukan ke menu artike,itu gman caranya kak?

    ReplyDelete
  14. sangat simpel...mudah dipahami..sukses selalu bos

    ReplyDelete
  15. kalo yg mau dimasukkan ke menubar lebih dari satu postingan cara pisahin di kode html gmana ya? kok yg muncul cuma 1? thanks

    ReplyDelete
  16. cara posting di submenu gmna caranya??mohon pencerahannya gan...

    ReplyDelete
  17. wah, makasih penjelasannya...
    tapi saya masih bingung untuk posting ertikel ke sub menunya..
    minta penjelasannya aja..
    trima kasih

    ReplyDelete
  18. bang...,gimana caranya memasukan postingan atao artikel tapi tidak muncul di halaman depan..
    contohnya seperti blog anda
    say mengklik "SEO" di blog anda dan ada pilihan "pengertian SEO: nah pas kita klik munculnya postingan anda,,
    tapi kalo saya masukan postingan malah muncul dihalaman depan bukan seperti blog anda,,mohon bantuannya,,kirim bantuannya ke titiensatria@ymail.com

    ReplyDelete
  19. kenapa artikel saya tak bisa disisipkan ke menu bar !! padahal saya udah buat menu bar navigasi!!!




    bisa tolong dibantu gak ...

    thanks

    ReplyDelete
  20. trus gmna cara posting ke sub menunya ?

    ReplyDelete
  21. sblumnya makasi buat infonya,,,
    sya msh amtir, saya udah brhasil, sub menunya juga udah muncul, tapi kok pas saya coba kunjungin blog sya sendiri, kursor mouse nya kok ga bisa di arahin ke submenunya? tpi udah sya masukin link arahan nya,,
    mohon dbntu gan,, tqu

    ReplyDelete
  22. Mas Amron gimana caranya yah, untuk memasukan sebuah gambar di salah satu menu horizontal, misalnya saya akan mengupload sebuah file di menu galeri, caranya gimana yah Mas?...Terimakasih.

    ReplyDelete
  23. makasih broow tutorialnya sangan membantu, khususnya newbie seperti saya..
    salam sukses juga ya..

    ReplyDelete
  24. Terima Kasih Bro tutorialnya ...sangat bermanfaat .

    ReplyDelete
  25. pusink.......!!!!!!!
    soalx nda qtw'i carax mmasukkan artikel ke dalam blogger.???

    ReplyDelete
  26. waduh, saya bingung nyari widget katagorinya nih gan.. gimana kali, nyari dashbornya aja gak ketemu... haahaa,,.. bantuin dong gan..!!

    ReplyDelete
  27. mantap invonya Master,,,,,,,,,,.
    http://bloggertutoria.blogspot.com/2012/10/cara-pasang-tiga-menu-di-blog.htm
    http://selladrtrenunanjiwa.blogspot.com/

    ReplyDelete
  28. a lum paham... masih new kie... bljre otodidax

    ReplyDelete
  29. Maaf Broo kok sya tdk bsa jga ya... pda hal sya dah ikutin ptunjuk di atas tpi hsilnya Tidak ada entri dengan label PP......
    mhon ptunjuknya mklum msih blajar. Ty

    ReplyDelete
  30. Maaf,setelah saya mengikuti langkah-langkah di atas kenapa daftar Menu Tab yang sudah ditampilkan tidak bisa di klik/digunakan sama sekali??
    Padahal Menu Tab nya sudah tampak pada halaman blog,tetapi tidak dapat digunakan,apa yang salah ya??

    ReplyDelete
  31. Met malem mas brow, lam kenal,ijin nyimak.
    Artikel yang mantab menurut saya,mau saya terapkan di blog saya, bosan ama yang standar,tolong dibantu kalo ada salah-salah mas bro.

    ReplyDelete
  32. oke mas pencerahan akan segera saya coba

    ReplyDelete
  33. aduh maaf nih..saya kurang mengerti abis nya ga ada gambar nya sih caya sudah coba tpi ga bsa trus :(

    ReplyDelete
  34. Trims atas artikelnya.
    Aku mau tanya bagaimana membuat artikel dimenu tapi artikel tidak muncul di beranda, tapi hanya muncul di menu saja
    tx

    ReplyDelete
  35. hello. hei, gue mau tanya nih, ada gak trik memasukkan artikel ke dalam menu bar. tapi yang drop down . ajarin gue oi. kalo bisa sms ke nomor gue di 085769592959

    ReplyDelete
  36. hallo gan ane mau dong belajar cara memasukan postingan saya sudah coba selalu gagal...maklum masih nubie saya menggunakan bloger..untuk bagian menu diatas misalnya....

    HOME ARTIKEL -->>pejelasn1 -->> penjelasn2

    gimana masukin kode kedalam temlate ARTIKEL agat penjelasan1 penjelasan2 bisa dibuka..thx

    ReplyDelete
  37. Masih bingung saya ​​​нεнε ¨☺¨ нεнε ¨☺¨ нεнε

    ReplyDelete
  38. Ni yang saya cari, izin copas sob.... lagi belajar ngeblog nich, mohon kritik & sarannya diblog saya http://belajarkomputer75.blogspot.com
    trims.........

    ReplyDelete
  39. kereeenn bang,, mdah dpahami.
    thanks bang :)

    ReplyDelete
  40. Gan aku ndah beres tuh yang agan perintahin di atas tapi gimana caranya gan saat saya mau buat postingan baru atau entri masuk ke dalam sub menu atau menu nya jadi misalnya saya klik ( software ) di kategory nya nah postingan nya itu muncul trus saat buat entri nya gimana >Mohon Pencerahannya sry gw masih Pemula kan harus banyak blajar ...hehehhehehe

    ReplyDelete
  41. puyeng kepala ane gan... dh dicoba g bener bener...

    ReplyDelete
  42. ikuntan nyoba bos,siapa tau berhasil.

    ReplyDelete
  43. Makasih ma Bro,artikelnya sangat membantu ane yg pemula ne.Hehe..

    ReplyDelete
  44. arikelna bagus gan
    vist back ya http://grosiralatkebersihan.blogspot.com/

    ReplyDelete
  45. can you tell me more clear about list posting content to navbar? thank's

    ReplyDelete
  46. lho.. lha cara masukin posting ke menu ato sub menunya mana????

    ReplyDelete
  47. @Yumna N:
    Bila sobat baca dengan serius dan mencermatinya dengan sungguh-sungguh, sepertinya pertanyaan itu tak perlu diajukan.

    ReplyDelete
  48. Terima kasih infonya. Saya akan berlatih memposting konten ke menu. Jika tidak sukses , bolehkah saya mohon bantuan?
    Salam sukses.Smg ilmu ini menjadikan keberkahan bagi kita semua.aamiin.

    ReplyDelete
  49. @Sahman:
    Bila sekiranya saya masih mampu, akan saya bantu :)

    ReplyDelete
  50. Masbro
    Boleh Minta Nope.a ???
    FB.a Apa??

    ReplyDelete
  51. mas kuq pas paste code <b:widget id='Header1' locked='true' gda warnaX merah
    kenapa,?

    ReplyDelete
  52. setiap menu cuma bisa satu artikel donk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak juga. Berapapun artikel dapat ditaruh dalam satu menu dengan menambah submenu di menu tersebut.

      Delete
    2. nah nambahnya gimana...kalau mau buat postingan berikutnya bagaimna contoh di kolom navigasi ada menu cerpen dan saya pengen postingan" cerpen saya masuk dalam kolom navigasi tapi hanya satu yang bisa pas saya mau tambahkan berikutnya gak bisa. saya masih bingung dengan kode htmlnya.. mohon bantuannya terimakasih :)

      Delete
    3. Kalau Anda memahami kode-kode di atas dengan serius, saya rasa pertanyaan itu tak perlu diajukan.

      Delete
    4. bener gan,aku juga mo tanyain yang ini mumpung ada kaitannya sama apa yang ane bingungin.. contoh gini gan misal satu menu itu akan saya tambahin potinganlagi tapi bukan masuk ke dalam sup menu..tapi dalam satu menu itu akan ane masukin postingan 3 ato 4 postingan dalam satu menu dan bukan sup menu.gimana ya gan bantuin ane ya...dah lama banget ni gan mo belajar yang ini gak bisa2..ane masih newbie bgt..

      Delete
    5. Kamu jangan aneh! Bila ide kamu seperti itu, satu-satu nya jalan adalah menambah submenu di menu yang kamu inginkan dan mengarahkan setiap submenu ke artikel yang kamu inginkan. Bila tidak ingin menambah submenu, arahkan saja menu tersebut menuju sebuah label/kategori sehingga menu tersebut akan menuju label/kategori yang dimaksud dimana banyak postingan disana. Selamat mencoba.

      Delete
    6. nah itu dia ni ....kadang ane juga berpikir kesana juga sih gan...tp ane mo tanya ma sapa... dan saya juga dah ada pandangan dikit bang,, apa kalo menu itu di arahkan ke label/ kategori nanti cara postingnya gimana di halaman pertama dulu(home) baru nanti html nya dcopy pake edit html...karena klo ane posting di halaman pertama(home)menu dah otomatis masuk kepopular pos dan blog archive...apa sama gan caranya seperti itu....maklum ya gan tanya terus...

      Delete
    7. Cara posting nya seperti biasa.

      Bila kamu ingin posting tersebut tampil disaat ada orang klik sebuah link label, maka kamu harus memasukkan posting tersebut ke dalam sebuah label/kategori, misal nama kategori nya "A".

      Bila kamu ingin posting tersebut tampil disaat ada orang klik sebuah menu, maka posting tersebut harus diberi label sesuai yang kamu arahkan di menu. Contoh link label/kategori:

      http://www.amronbadriza.com/search/label/Download

      Link tersebut akan mengarahkan orang yang mengunjunginya menuju kategori bernama Download.

      Bila saya menginginkan sebuah posting muncul ketika orang mengunjungi link label di atas, maka sebuah posting tersebut harus saya masukkan ke dalam label Download disaat mau publish.

      Jika saya menginginkan sebuah menu menampilkan banyak artikel yang berada dalam label Download, maka saya harus mengarahkan menu yang saya inginkan menuju link label Download di atas sehingga setiap ada orang yang klik menu yang sudah saya arahkan menuju link label Download tersebut, maka orang tersebut akan melihat banyak artikel yang sudah saya masukkan ke dalam label Download tersebut.

      Sampai disini saya rasa sudah sangat jelas. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

      Delete

 

Share this Blog on

.....................................................................................................

W3 Directory - the World Wide Web Directory
.....................................................................................................

NewsAlloy button Direktori WeBlog Indonesia
.....................................................................................................

Protected by Copyscape Duplicate Content Checker DMCA.com

Google+ Followers